"/>

BALITBANG KAB. MANDAILING NATAL LAKSANAKAN FGD TENTANG IDSD

Sebagai upaya dalam meningkatkan nilai Indeks Daya Saing Daerah IDSD) Kabupaten Mandailing Natal di tingkat Nasional, Balitbang Kab. Madina Laksanakan Focus Grup Discussiob (FGD). FGD yang bertempat di Kantor Balitbang tersebut dihadiri OPD terkait lingkup Pemkab Mandailing Natal, UPT Vertikal serta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal.
Adapun pelaksanaan FGD yang dibuka oleh Kepala Balitbang Kab. Madina Muktar Afandi, S.Sos tersebut merupakan langkah lanjutan setelah permintaan data kepada instansi teknis yang berkaitan. Dengan demikian kegiatan FGD yang dilaksanakan sehari tersebut bertujuan mengumpulkan data untuk diinput ke dalam website IDSD Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Republik Indonesia.
Sementara itu Kepala Balitbang Kab. Madina dalam sambutannya menekankan pentingnya partisipasi setiap Kabupaten/Kota dalam pengisian IDSD. Karena menurut beliau hal tersebut akan berkontribusi terhadap Indeks Daya Saing Nasional yang menjadi salah satu acuan investor dalam berinvestasi di suatu Negara. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa nilai IDSD dapat menjadi gambaran kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktifitas, nilai tambah dan persaingan demi kesejahteraan masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa berdasarkan Hasil Pemetaan IDSD Tahun 2020, Kabupaten Mandailing Natal berada pada Peringkat 92 dari 216 Kabupaten/Kota se-Indonesia dengan nilai indeks 2,1012 (kategori sedang). Oleh karena itu Muktar Afandi menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan nilai indeks Kabupaten Mandailing Natal pada tahun 2021. “Tahun ini kita harus bisa beranjak dari kategori sedang menjadi kategori baik”, tekannya. (MHP/SEK)