"/>

RENCANAKAN PENGUATAN PERAN, BALITBANG KAB. MADINA LAKSANAKAN KOORDINASI KE BALITBANG PROPSU
Dalam rangka meningkatkan dan penguatan peran Balitbang di Kabupaten Mandailing Natal Plh. Kepala Balitbang Kab. Mandailing Natal Muktar Afandi, S.Sos melaksanakan Koordinasi dengan Balitbangda Propinsi Sumatera Utara, Kamis (18/03). Ikut dalam kunjungan tersebut Sekretaris Balitbang Kab. Madina Miswar Husin, S.Pi, M.Si dan Kepala Bidang Ekonomi Pembangunan MM. Tarihoran, SP, M.Si beserta staf.
Kunjungan kerja tersebut merupakan kunjungan perdana Plh. Kaban Litbang Kab. Madina setelah menjabat sejak bulan November 2021 dan diterima langsung oleh Kepala Balitbang Propsu Bapak Harianto Sidabutar didampingi Sekretaris Balitbang Propsu Maksum Rambe.
Koordinasi yang dilaksanakan di Ruang kerja Kepala Badan Litbang Propsu tersebut berlangsung hangat dan kekeluargan dan menbahas tentang peran litbang dimasa pandemic covid-19 dan dimasa yang akan datang. Pada pertemuan tersebut dilakukan pembahasan bersama tentang terbitnya regulasi kelitbangan terbaru seperti Permendagri nomor 19 tahun 2020 tentang Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2020 tentang Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah.
Selanjutnya dilakukan pembahasan singkronisasi langkah yang diambil Balitbang Propsu dan Balitbang Kabupaten/Kota khususnya Balitbang Kab. Madina dalam menyikapi terbitnya regulasi tersebut. Dalam kesempatan yang sama juga terungkap rencana Pembentukan Tim IPKD Propsu yang akan di Ketuai Kepala Balitbang Propsu.
Sementara itu Balitbang Kabupaten/Kota diharuskan melaksanakan penguatan tugas dan fungsi untuk mengakomodir amanah permendagri tersebut, seperti penguatan fungsi evaluasi dalam penyusunan Perencanaan, pengalokasian anggaran dan mendorong transparansi keuangan di daerah. (MHP)