"/>

BALITBANG KAB. MADINA JALIN KERJASAMA DENGAN LAN REPUBLIK INDONESIA UNTUK KEMBANGKAN INOVASI DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

Dalam upaya menumbuh kembangkan semangat berinovasi Balitbang Kabupaten Mandailing Natal jalin kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Jalinan kerjasama tersebut telah di petakan (roadmap) secara sistematis dan terukur dalam waktu 12 bulan dalam wujud pembentukan Laboratorium Inovasi.
Sebagai tahap awal jalinan kerjasama tersebut dimulai dengan sosialisasi pra labinov antara LAN RI dengan personil Balitbang Kab. Madina untuk memberi pemahaman dari jalinan kerjasama tersebut. Berhubung masih ditengah pandemi Covid-19 telah dilaksanakan webinar bertemakan “Sosialisasi Fasilitasi Laboratorium Inovasi bersama Lembaga Administrasi Negara”.
Dalam kesempatan webinar tersebut bertindak sebagai pembicara Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara Dra. Isti Heriani, MBA sedangkan dari pihak Balitbang Kab Madina oleh Plh. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kab. Madina Muktar Afandi, S.Sos dan dimoderatori Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Baltbang Kab. Madina Sahreni, SP dengan diikuti peserta seluruh ASN Balitbang Kab. Madina dan Balitbangda dari Kabupaten Lainnya.
Dalam paparnnya Kepala Pusat Inovasi Inovasi Administrasi Negara menjelaskan sekema pembinaan yang dilaksanakan oleh LAN terhadap Propinsi dan Kabupaten/kota yang menjalin kerjasama dengan pihak LAN. Lebih lanjut ditambahkannya bahwa pihaknya sudah melakukan pembinaan di 94 Propinsi/Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah daerah yang menjadi binaan LAN selalu menjadi daerah yang berhasil menerima anugerah inovasi yang dilaksanakan Kemendagri Republik Indonesia setiap tahun”, tambahnya.
Sementara itu Plh. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Mandailing Natal Muktar Afandi, S.Sos dalam paparannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas jalinan kersama yang telah dibuat dengan LAN RI. Menurut beliau jalinan kerja sama yang dibuat akan menjadi langkah maju untuk mewujudkan suatu ekosistem inovasi di Kabupaten Mandailing Natal. Lebih lanjut dijelaskannya Mandailing Natal menjadi Kabupaten ke-5 di Propinsi Sumatera Utara yang menjalin kerjasama dengan LAN. Oleh karena itu beliau menguntaikan harapan agar OPD yang dipimpinnya tersebut dapat memanpatkan kesempatan yang ada untuk menjadi trigger dalam menumbuhkan semangat berinovasi di seluruh OPD di Pemkab. Mandailing Natal. (MHP)